Dalam dokumen Rencana Strategis Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk periode 2015-2020 secara jelas menegaskan kembali keinginan Unhas untuk menjadi universitas bereputasi internasional yang berbasis pada Benua Maritim Indonesia. Salah satu indikator kinerja utama (IKU) yang mencerminkan Unhas sebagai universitas bereputasi internasional adalah terakreditasinya beberapa program studi oleh lembaga akreditasi internasional.

 

Sehubungan dengan mandat yang diberikan oleh Renstra Unhas 2015-2020 untuk memperoleh akreditasi internasional mengakselerasi jumlah program studi yang mendapatkan akreditasi internasional, Unhas perlu strategi dan persiapan yang lebih tepat dan sesuai dengan kapasitas dan potensi yang dimiliki oleh program studi yang akan diusulkan. Oleh karena itu, Unhas bermaksud menyelenggarakan lokakarya tentang penyusunan strategi dan persiapan akreditasi internasional bagi program studi dalam lingkup Unhas.

 

Tujuan
Tujuan diselenggarakannya lokakarya ini adalah memberikan pemahaman kepada pimpinan program studi dan fakultas didalam menyusun strategi dan menyiapkan diri secara lebih efektif dan efisien untuk mendapatkan akreditasi internasional.

 

Sasaran

  • Meningkatnya tingkat pemahaman pimpinan program studi dan fakultas tentang tips dan teknik didalam menyiapkan dokumen akreditasi internasional.
  • Meningkatnya tingkat pemahaman pimpinan program studi dan fakultas tentang penyusunan strategi dan persiapan akkreditasi internasional.
  • Tersusunnya dokumen strategi dan roadmap persiapan akkreditasi internasional pada setiap fakultas.

 

Pelaksanaan

    Agar lokakarya strategi penyiapan akreditasi internasional dapat berjalan dengan efektif dan efisien, maka lokakarya direncanakan diselenggarakan selama 2 (dua) hari melalui serangkaian tahapan sebagai berikut:

  • Pada hari pertama, lokakarya akan diisi dengan pemaparan dari pemateri terkait dengan berbagai tips, strategi, dan persiapan akreditasi internasional yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi pada setiap topik.
  • Pada hari kedua, peserta akan dibagi kedalam beberapa kelompok untuk menyusun rumusan tentang strategi dan roadmap persiapan akkreditasi internasional. Hasil diskusi kelompok kemudian dipresentasikan dalam siding pleno untuk mendapatkan saran dan masukan dari kelompok lainnya.
  • Lokakarya ditutup dengan pembacaan rumusan hasil lokakarya dan tindak lanjutnya oleh tim perumus.