Status Unhas sebagai PTN-BH memiliki kewajiban/amanah untuk meningkatkan peringkat akreditasi unggul (A) dari BAN-PT atau LAM-PTKES minimal 80% dari seluruh jumlah Prodi yang dimilikinya. Selain itu, Unhas juga memiliki kewajiban, program studinya terakreditasi internasional minimal 5 program studi hingga tahun 2018.

 

Bagi Perguruan Tinggi dan Program Studi, perolehan akreditasi internasional diharapkan memberikan keuntungan antara lain meningkatkan minat mahasiswa masuk program studi, pengguna lulusan mengetahui tingkat persiapan mahasiswa untuk memasuki dunia profesi, dan sekolah pascasarjana mengetahui tingkat persiapan keilmuan calon mahasiswa. Manfaat lain dari akreditasi internasional adalah mempermudah mobilitas dalam pertukaran mahasiswa karena mahasiswa memiliki kualifikasi yang jelas secara global.

 

Upaya tersebut memang tidak mudah, namun tetap dapat dilaksanakan dengan perencanaan yang baik, dan pembagian tahapan kerja yang rinci serta seksama. Untuk itu salah satu upaya yang sangat penting untuk dilakukan adalah melaksanakan Workshop untuk menemukan strategi yang efektif dan efisien dalam meraih akreditasi internasional bagi program studi yang berpotensi di Universitas Hasanuddin.

 

Terkait hal tersebut di atas, Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Unhas telah melaksanakan Workshop Dengan Tema: “Strategi Meraih Akreditasi Internasional Bagi Program Studi Di Universitas Hasanuddin” pada tanggal 19 – 20 Mei 2017 dengan pembicara :

  • Dr. Pepen Arifin, M.Sc Ketua Satuan Penjaminan Mutu ITB
  • Dr. Estiyanti Ekawati, M.Sc Sekretaris Satuan Penjaminan Mutu Eksternal ITB

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  • Memberikan persiapan lebih awal (early preparation) dalam melaksanakan akreditasi internasional di seluruh unit penjaminan mutu dalam lingkup Unhas yang akan ditugaskan dalam menghadapi proses akreditas internasional.
  • Menyamakan dan menyatukan persepsi dalam menyusun strategi meraih akreditasi internasional di lingkup Universitas Hasanuddin.
  • Meningkatkan kapasitas tim penjaminan mutu internal dan tim penyusun dokumen akreditasi internasional Unhas dalam mempersiapkan dokumen dan proses akreditasi internasional (AUN-QA, ABET dan ASIIN) secara utuh dan terencana baik pada tingkat LPMI, Fakultas hingga pada tingkat Prodi pengusul.

Kegiatan ini merupakan follow up dari rangkaian program kerja LPMI Unhas sejak tahun 2016 terkait proses akreditasi Internasional program studi.